Identifikasi cinta by @kamga_mo

Reblog from kamga-mo.tumblr.com

I dont know why. I cut this and paste this here.
I just have same feeling.

cinta
sebuah kata yang
diucapkan oleh
hampir semua orang,
namun dipahami
oleh hanya segelintir
diantaranya. begitu
mudah diucapkan,
begitu sulit diartikan.
begitu jelas
terdengar, begitu
saru dirasa. begitu
lincah menari di
ujung lidah, begitu
kaku menetap di
dalam hati. cinta
adalah kata yang
tidak dapat
dijabarkan, hanya
mampu dirasakan.
pertanyaannya
adalah, ketika
perasaan aneh itu
datang, darimana kita
bisa yakin pasti
bahwa itu cinta?
apakah saya
termasuk segilintir
orang yang paham
akan cinta? mungkin.
saya adalah satu dari
sekian orang yang
beruntung, pernah
merasakan sebuah
perasaan yang saya
namakan cinta.
kenapa saya begitu
yakin akan hal ini?
jawabannya mudah
saja, karna perasaan
ini tidak dapat saya
jelaskan. lalu kalau
tidak bisa dijelaskan
kenapa saya namakan
perasaan itu cinta?
karna cuma perasaan
ini yang belum ada
namanya. bingung?
akan saya coba
jelaskan
pernahkah anda
merasakan perasaan
ingin bersama
seseorang begitu
besar, melampaui
akal sehat. sebuah
perasaan yang
mengatakan pada
anda bahwa anda
tidak bisa
menghabiskan sehari
tanpa melihat orang
tersebut, tidak
mampu bila tanpa
kehadirannya.
perasaan ini sering
disalah artikan
sebagai cinta, walau
sebenarnya bukan.
perasaan tersebut
bernama
‘ketergantungan’.
pernahkah anda
merasakan perasaan
ingin memiliki
seseorang begitu
besar, melampaui
akal sehat. sebuah
perasaan yang
mengatakan bahwa
anda harus
memilikinya, dan bila
anda gagal
memilikinya maka
hidup anda tidak
berarti. tidak peduli
apakah dia sudah
berpasangan atau
tidak, sehat atau
tidak, menyukai anda
atau tidak, anda tetap
menginginkannya.
perasaan ini sering
disalahartikan sebagai
cinta, walau
sebenarnya bukan.
perasaan tersebut
bernama ‘obsesi’
lalu perasaan
bernama cinta itu
seperti apa? cinta
adalah perasaan yang
tidak terartikan.
bukan tidak bisa
hidup tanpanya, tapi
tidak mau. bukan
harus memilikinya,
tapi sebaiknya. cinta
tidak membuat anda
menjadi layaknya
orang gila, cinta itu
menentramkan.
pernahkah anda
bertanya pada diri
sendiri, mengapa
anda mencintai
orangtua anda?
hubungan darah
tidak menjamin cinta,
banyak diluar sana
anak yang tidak cinta
ibunya, atau bahkan
sebaliknya. bagi anda
yang mencintai ibu
anda, apakah karna
ibu anda ibu idaman
semua anak? apakah
dia tidak pernah
menyebalkan
dirumah? apakah
melihat dari sifatnya
yang protektif dan
mengada ada
seharusnya sulit bagi
anda untuk
mencintainya?
apakah anda sering
berkata ‘aku sayang
mama’ ke ibu anda
setiap harinya?
mari berbicara
tentang hewan
peliharaan. apakah
kecintaan anda
terhadap hewan
peliharaan mampu
dijelaskan? semua
anjing
menggonggong, lari
mengejar tulang,
suka menggigit,
berisik dikala hujan,
dan buang air
sembarangan. lalu
apa yang
membedakan anjing
yang anda cintai
dengan anjing
lainnya?
kembali ke hubungan
antar manusia. apa
yang membedakan
perasaan cinta,
dengan kebutuhan
dan obsesi? ketika
perasaan itu tidak
menuntut, itu cinta.
cinta itu
menentramkan,
ketika perasaan cinta
hinggap di hati anda,
yang terasa hanya
rasa syukur. apakah
perasaan ini akan
mengantarkan anda
kepada hubungan
yang berbalas, atau
mungkin pernikahan,
itu urusan
belakangan. perasaan
ini begitu
mengkonsumsi anda,
memberikan sugesti
bahwa apapun yang
terjadi, terjadilah,
yang penting anda
pernah merasakan ini
ketika anda
mendahulukan
kebahagian orang
yang anda cintai
dibanding
kebahagiaan anda
sendiri, percayalah,
itu bukan cinta.
ketika anda merasa
bahagia, secara tulus
bahagia saat dia
mendapatkan
kebahagiaannya,
nah..
cinta bukanlah
pengorbanan. cinta
hanyalah cinta.
post ini akan sulit
untuk dimaknai, atau
bahkan dicerna.
konsep cinta
berbeda2 di setiap
kepala, saya hanya
mengungkapkan apa
yang saya percaya
akan ini. saya akan
menutup post ini
dengan sebuah
kalimat yang saya
percaya, adalah cara
mengidentifikasi cinta
saat ia hinggap di
hati kita
cinta bukanlah ketika
saya berkata ‘saya
cinta kamu’
kepadanya,
melainkan ketika saya
berkata ‘saya cinta
dia’ pada diri saya
sendiri.

2 thoughts on “Identifikasi cinta by @kamga_mo

Leave a Reply

