Menjelajah Alam Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur memiliki potensi pariwisata yang baik. Apalagi potensi pariwisata yang dimiliki Kalimantan Timur merupakan potensi pariwisata alam. Hampir 90 % objek wisata alam yang disediakan oleh provinsi ini, 10% sisanya merupakan objek wisata buatan yang mendukung kepariwisataan Kaltim. Sehingga kami pun ingin mencicipi paket wisata ecotourism yang disajikan Propinsi Kaltim.

Wisata alam yang menarik di KalTim ini ada di Bukit Bangkirai. Berada di perbatasan Balikpapan dan Kutai Kartanegara, Bukit Bangkirai memiliki jembatan tajuk yang merupakan jembatan tajuk pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Jembatan ini bergantung sepanjang 64 m dan menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 meter. Rasanya hari pertama akan menjadi hari yang indah apabila kami mengunjungi Bukit Bangkirai ini sambil menikmati dan melestarikan alam serta bersantai sambil mendengarkan ramainya siulan burung penghuni Bukit Bangkirai.

Tidak hanya itu saja, Kaltim juga mempunyai wisata budaya serta sejarah yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Adanya situs peninggalan Kerajaan Kutai dapat kita jumpai di Kabupaten Kutai Kartanegara (KuKar). Terdapat Museum Mulawarman yang merupakan bekas peninggalan Keraton Kesultanan Kutai Kertanegara. Dalam museum ini disimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Kutai seperti uang kuno dan keramik kuno. Di Kabupaten yang sama dapat pula dijumpai sebuah delta sungai Mahakam yaitu Taman Wisata Pulau Kumala. Pulau Kumala ini sedang dalam tahap pembangunan. Pulau ini baru memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung. Fasilitas tersebut adalah kereta api keliling pulau, Sky Tower dimana para pengunjung dapat menikmati panorama kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter dan cable car atau kereta gantung yang menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Pulau Kumala. Hari kedua yang akan dihabiskan memutari kota Tenggarong ini sepertinya akan nikmat. Belajar sejarah dan menikmati bermain di Pulau Kumala. Wisata yang dapat dikunjungi di Kabupaten Kutai Kartanegara ini juga ada Taman Nasional Kutai juga Planetarium Jagad Raya di Tenggarong atau dapat mengunjungi Kedaton Kutai Kartanegara.

Wisata Pantai dan Laut nya juga memiliki pesona yang menarik. Kabupaten Berau di Kaltim menyediakan deretan pulau-pulau dengan pesona pantai dan laut yang indah. Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Sangalaki, Bakungan dan Pulau Maratua contohnya. Airnya yang biru dan pasirnya yang putih menambah keindahan pantai di pulau tersebut. Mencoba snorkling di Pulau Derawan sepertinya pilihan yang tepat di perjalanan berikutnya. Menikmati alam bawah laut Derawan dan pulau di Kabupaten Berau ini. Suasananya yang masih alami membuat pesona pantai ini tak terkalahkan indahnya. Sebenarnya pulau-pulau inilah yang amat sangat menyita perhatian. keindahan alam pantainya, lautnya membuat TS amat sangat ingin mengunjungi pulau-pulau yang ada di Kalimantan Timur. 

Wisata dalam kota-kota di Propinsi Kalimantan Timur juga dapat menjadi alternatif wisata jika kami pergi ke KalTim. Apabila kita mencoba mengitari Kota Balikpapan seharian kita bisa melihat penangkaran Buaya di Kelurahan Teritip kemudian bersantai di Pantai Melawai sambil menikmati jajanan di pinggir pantai dan melihat aktivitas bongkar muat di pelabuhan laut Semayang. Dekat Melawai kita bisa melihat kilang minyak Balikpapan yang pada malam hari pendar cahaya lampunya seperti bintang di langit. Di Balikpapan juga bisa kita membeli pernak-pernik khas Kalimantan Timur di Kebon Sayur kota Balikpapan. Adapula Taman Bekapai yang merupakan tempat berkumpulnya pedagang kaki lima.

Menuju Kota Samarinda, kita akan melewati sungai terbesar yaitu Mahakam. Melalui jembatan Mahakam yang terlihat terang pada malam hari serta di dapat menikmati malam di pinggir Mahakam. Di sekitar Mahakam juga dapat dijumpai Islamic Center yang berdiri kokoh dan megah. Apabila di Samarinda dapat juga mengunjugi Citra Niaga yang merupakan pusat perdangangan di Kota Samarinda.

 

Menuju Kota Bontang, kita dapat berwisata ke Pupuk Kaltim melihat pengolahan pupuk dan melihat pengolahan gas alam cair milik PT Badak NGL melalui Pantai Marina. Sealin itu di Kota Bontang kita juga dapat berkunjung ke Bontang Kuala yang merupakan perkampungan diatas laut. Selain itu, Bontang juga memiliki Pulau Beras Basah yang merupakan nama sebuah pulau di wilayah kota Bontang. Pulau dengan pantai pasir putih ini merupakan tempat rekreasi yang menarik sambil menikmati keindahan panorama laut selat Makassar, wisatawan juga dapat berenang dan menghirup udara laut yang sejuk.

Sumber info :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bukit_Bangkirai
http://www.kaltimprov.go.id/kaltim.php?page=potensi&id=22
http://www.kaltim.dhiza.com/
http://erau.kutaikartanegara.com/
http://jalanjalanterus.wordpress.com 

P.S : Tulisan ini dibuat dengan membaca sumber-sumber diatas. sebenarnya TS belum pernah mengunjungi tempat-tempat diatas. TS hanya dapat bermimpi  ingin mengunjungi tempat-tempat di atas. Yaa, semoga melalui Happy Holiday Trans 7 TS dapat merealisasikan kunjungan ke Kalimantan Timur.🙂

Anggota  team :

1. M. Rahman Pradipto
Surabaya, 11 November 1989
JL. Rungkut Asri Tengah II / 23 Surabaya
rahman.pradipto@gmail.com
2. Arlita Ayunani
Madiun, 23 Maret 1989
Jl. Margobawero VB no 7 Madiun
arlita.ayu@gmail.com

3. Pramuditha Shinta D.
Jember, 4 April 1988
Jl. Kaliurang 2012 Jember
ditha.shinta@gmail.com

4. Ajeng Retno Wulan
Sby, 26 Februari 1989
Jl. Sadarin 27 Pulungan Sidoarjo
aretno.wulan@gmail.com
08563656769

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s