Jakarta oh Jakarta

Udah drafted lama. Ini baru update.

Dalam perjalanan ke Jakarta Pusat ke sebuah mall yg belum tau mana yg akan dituju. Jakarta the giant city in Indonesia, teach me about life. How hard life is.

Pak Mo, penjaga rumah paman saya, dia cuma punya keahlian jadi tukang bangunan. Istrinya juga sepertinya punya keahlian yg nggak banyak juga. Mereka memaksimalkan kekuatan mereka untuk bekerja di Jakarta biar bisa cukup ngehidupin makan dan tinggal anak-anaknya. Pak Mo cuma bisa jadi tkg bangunan makanya dia jadi tukang bangunan. Istrinya cuma bisa berberes rumah makanya istrinya jadi beres2 di rumah paman saya. Mereka kudu kayak gitu kalo nggak mau kelaparan di Jakarta. Mereka kudu kayak gitu biar bisa menghadapi kerasnya hidup di Jakarta yg serba mahal yg serba gak ada yg gratis serba palak serba sempit serba aduuhh gak tau deh ya Jakarta itu gimana. Full padet.

Kayaknya aku juga kudu gitu. Bukannya menyesal udah sampe sini, tapi malah kudu semangat lagi kerja keras untuk menghadapi hidup yg keras. Beberapa hari di Jakarta buat aku sebentar menyesal kenapa dulu aku nggak nunggu pengumuman dishub aja. Kenapa aku nggak stan aja. Ato kenapa aku nggak kuliah yg lain aja selain SI kalo tau nggak kelar2 gini. Tapi di rumah, Pak Mo ngingetin saya gimana seharusnya hidup itu diperjuangkan. Hidup isinya berjuang. Gak ada yg ngalahin hasil dari berjuang diri sendiri.

Hidup harusnya nggak dipake leha-leha. Tapi diisi bekerja keras seakan akan hidup selamanya dan beribadah khusyuk seakan akan mati esok hari.

🙂

Leave a Reply

